Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 Desember 2013

STEROID (Nurriskillah 201241500183 dan Arny Damianty 201241500184)

STRUKTUR/PENGGOLONGAN


Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh[1] (bahasa Inggris: saturated tetracyclic hydrocarbon : 1,2-cyclopentanoperhydrophenanthrene) dengan 17 atom karbon dan 4 cincin.[2] Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Pada umunya steroid berfungsi sebagai hormon. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana. Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin.

PENGGOLONGAN ATAU JENIS
-Kolesterol
- 7-dehidrokolesterol dan ergosterol
-  Hormon Kelamin
- Asam-asam Empedu

LOKASI DAN PERANAN
1.   Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh manusia terdapat dalam darah, empedu, kelenjar adrenal bagian luar, dan jaringan saraf. Kolesterol merupakan komponen utama empedu. Kolesterol larut dalam pelarut organik (eter, kloroform, benzene, dan alcohol panas). Pada konsentrasi tinggi, kolesterol akan mengkristal. Endapan kolesterol dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian, kelenjar pembuluh darah semakin berkurang. Akibatnya aliran darah terganggu sehingga jantung harus memompa darah lebih keras dari biasanya. Jika ini berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan penyakit jantung.
2.  7-dehidrokolesterol dan ergosterol
Apabila dikenai sinar ultra violet, 7-dehidrokolesterol dan ergosterol membentuk vitamin D. oleh karena itu, keduanya berfungsi sebagai provitamin D.
3.     Hormon Kelamin
Hormon kelamin laki-laki yang tergolong steroid diantaranya testosterone dan andosteron. Sementara itu, hormone kelamin perempuan yang tergolong steroid di antaranya estrogen dan progesterone.
4.   Asam-asam Empedu
Asam-asam empedu yang terdapat dalam cairan empedu yaitu asam kolat, asam deoksikolat, dan asam litokolat. Asam-asam empedu dibuat dalam hati dari kolesterol melalui reaksi kimia. Asam-asam empedu bergabung dengan protein membentuk garam-garam empedu yang berfungsi sebagai emulgator. Garam-garam ini membantu proses pencernaan lipid atau lemak dan mengabsorpsi hasil pencernaan melalui dinding usus.
   
CARA MEMPEROLEH
Kolesterol bisa di dapatkan dengan memakan makanan yang mengandung protein seperti telur dll. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll