Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 04 Desember 2013

Tugas Biokim Wax (ridwan)



Nama Kelompok    : Ridwan Barokah (201241500165)
                     : Mira Setioewati (201241500164)
Materi             : Wax (lilin)

Ditinjau dari segi strukturnya, lilin merupakan senyawa ester yang dibentuk oleh alcohol rantai panjang dan asam lemak berantai panjang. (http://um.ac.id)


Lilin terdapat pada tumbuhan dan hewan dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, lilin spermaceti terdapat dalam bagian kepala ikan paus (sperm whale) yang diduga berfungsi sebagai pengatur kemampuan mengapung ikan paus tersebut bila menyelam pada peraiaran yang dalam. (http://ksupointer.com)

(paus menggunakan lilin sebagai daya apung di dalam air)


     Lilin lebah (Beeswax) adaah senyawa dengan berat molekul tinggi yang berfungsi sebagai bahan pembangun sarang lebah. 


(lebah menggunakan lilin untuk menbuat sarang)

 

Salah satu contoh lilin yang terdapat dalam tumbuhan adalah lilin carnauba, yang merupakan campuran senyawa-senyawa dengan berat molekul tinggi yang dihasilkan oleh tanama carnauba dan berfungsi sebagai pelindung daunnya dalam upaya pencegahan penguapan air yang berlebihan

(pohon yang menghasilakan lilin carnauba) 
 
Plannkton menggunakan lilin sebagai bentuk penyimpanan energi utama, planton di jadikan sebagai sumber makanan untuk ikan paus, kembung, salem dan sepesies lainya.
Lilin tidak larut dalam air,larut dalam pelarut lemak,tidak mudah terhidrolisis dan tidak dapat di uraikan oleh enzim yang menguraikan lemak (tidak berfungsi sebagai bahan maknan)
Pada vertebrata lilin di sekresikan oleh kelenjar kulit sebagai pelindung (untuk membuat kulit  fleksibel, berminyak, tidak tembus air) 


           Sejumlah lilin yang diperoleh dari alam dimanfaatkan untuk, bahan pembuatan kosmetika bahan perekat, pernis dan bahan kedap air. Karena kebutuhan untuk penbuatan bahan –bahan tersebut senantiasa meningkat maka dewasa ini digunakan senyawa-senyawa sintetik sebagai pengganti lilin alami.

Kutikula tumbuhan adalah lapisan pelindung pada seluruh sistem tajuk (bagian tumbuhan yang berada di atas tanah) tumbuhan herba yang berfungsi untuk memperlambat kehilangan ai dari daun, batang, bunga, buah, dan biji. Tanpa lapisan pelindung ini, transpirasi (hilangnya uap air melalui permukaan tumbuhan) pada hampir semua tumbuhan berlangsung sangat cepat sehingga tumbuhan akan mati.
Sebagian besar kutikula terdiri dari campuran berbagai macam komponen yang disebut kutin sedangkan sisanya mengandung lilin lapisan penutup dan polisakarida pektin yang menempel pada dinding sel].Kutin merupakan polimer heterogen yang terdiri dari terutama berbagai kombinasi anggota dua kelompok asam lemak, yang satu mempunyai 16 karbon] dan yang satunya memiliki 18 karbon. Lilin kutikula meliputi berbagai hidrokarbon rantai panjang yang juga mempunyai sedikit oksigen. Banyak lilin yaag mengandung asam lemak rantai panjang teresterifikasi dengan alkohol monohidrat rantai panjang, tapi lilin juga mengandung alkohol, aldehida, dan keton berantai panjang bebas.

Struktur  : 

(1)   Lilin Spermaceti

CH3(CH2)15 – O – C – (CH2)14CH: setil palmitat
 
(2)   Zat penyusun lilin lebah

CH3(CH2)29 – O – C – (CH2)24CH3

(3)   Zat penyusun lilin carnauba

CH3(CH2)23 – O – C – (CH2)26CH3




Daftar Pustaka :




 


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll