Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 07 Desember 2013

Triasilgliserol ( amanda dan Risma )



Kelompok                           : TRIASILGLISEROL
Nama Kelompok                  : a. Amanda Wanda (201241500116)
                                               b. Risma (201241500117) 





Triasilgliserol atau nama lain yaitu trigliserida disebut juga sebagai lemak penyimpan.Triasilgliserol adalah lipid yang paling sederhana dan paling banyak mengandung asam lemak.Triasilgliserol adalah ester dari alcohol gliserol dengan tiga molekul asam lemak.Triasilgliserol tidak larut dalam air namun larut dalam pelarut organik seprti benzena,eter,kloroform,dll.Triasilgliserol terbagi menjadi asam lemak jenuh dan asam lemak takmjenuh.Triasilgliserol bersifat hidrofobik nonpolar karena tidak mengandung muatan listrik atau gugus fungsional dan kepolaran yang tinggi. Berikut adalah struktur dari triasil gliserol.

Triasilgliserol terbentuk dari gliserol ditambah dengan 3 asam lemak dan terdapat gugus esternya. berikut gambar dari pembentukkan Triasilgliserol.




·         Jenis-jenis Triasilgliserol :
a.       Triasilgliserol Sederhana
Senyawa yang mengandung 1 jenis asam lemak pada ketiga posisi. Ex : Tristearin (mengandung asam stearat), Tripalmitin (mengandung asam plamitat) danTriolin (mengandung asam oleat)
b.      Triasilglisero lCampuran
Secara alami lebih banyak ditemukan :
TRIASILGLISEROL  ADALAH LIPIDA PENYIMPANAN
v  Triasilgliserol terutama berfungsi sebagai lemak penyimpanan
v  Pada sel eukariotik triasilgliserol terdapat sebagai tetes minyak mikroskopi, terdispersi di dalam sitosol dengan halus
v  Pada adiposity atau sel lemak, yaitu sel halus pada jaringan pengikat hewan, sejumlah besar triasilgliserol disimpan sebagai tetes lemak yang mengisi hampir seluruh volume sel.
v  Triasilgliserol juga disimpan sebagai lemak di dalam biji tanaman, menyediakan energy dan precursor biosintetik selama germinasi biji.
        MAKANAN YANG BANYAK MENGANDUNG TRIASILGLISEROL
v  Minyak alami pada umumnya seperti minyak sayuran, produduk susu dan lemak hewan merupakan campuran triasilgliserol kompleks dan sederhana.
v  Semuanya mengandung variasi panjang rantai asam lemak dan tingkat kejenuhan.
·         Lokasi Penyimpanan
v  Triasilgliserol umumnya tersimpan di sel adipose. Adipose adalah bentuk utama sebagai energy cadangan di dalam tubuh hewan.  Sel adipose untuk sintesis dan penyimpanan triasilgliserol menjadi molekul bahan bakar yang akan dipindahkan kejaringan lain oleh darah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll